Bingung Mau Ngeblog Pake Blogspot atau WordPress? Kenali Dulu 7 Perbedaannya

cropped-mac-glasses2.jpg

Hai hai.. Kali ini saya mau berbagi tentang perbedaan ngeblog di blogspot dan wordpress.

Saya nggak lagi bahas tentang keuntungan atau kerugian ngeblog dengan fitur premium (berbayar) dari blogger(dot)com atau wordpress(dot)com yaa, artikel kali ini khusus ngebahas tentang perbedaan ngeblog gratisan di kedua platform raksasa dunia tersebut. Mengenai keuntungan dan kerugian menggunakan fitur berbayar di blogger atau wordpress menurut saya relatif (karena belum ngalamin siii sebenarnya), jadi mari kita bahas yang gratisannya aja (seperti blog saya yang gratisan ini :D).

Oiya artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman saya (setelah semingguan lebih) menggunakan platform wordpress(dot)com, dari sebelumnya saya menggunakan blogspot dari blogger(dot)com. Saya sendiri masih baru belajar tentang dunia blogging, dan setelah hijrah dari blogger ke wordpress, ada beberapa perbedaan yang saya rasakan.. Dan kayaknya saya perlu share juga ke teman-teman khususnya yang newbie atau pendatang baru seperti saya.

Ini murni berdasarkan pendapat dan pengalaman saya pribadi ya, jadi kalau ada yang salah mohon dikoreksi. Akan sangat membahagiakan bagi saya kalau teman-teman juga nambahin beberapa hal yang saya belum tahu :). So, 7 perbedaan yang saya maksud adalah:

1. Template

Template ini menurut saya lumayan penting di dunia per-blog-an (blogging maksudnya? eh). Karena template/tampilan ini bisa mempengaruhi kenyamanan pengunjung. Ibarat rumah, kalau tampilannya rapi dan bagus, pasti tamunya ngerasa seneng dan nyaman ketika berkunjung.

Kalau kamu ngeblog di blogger, kamu bisa upload, merubah dan modifikasi template sesuai keinginan kamu. Dulu ketika saya masih menggunakan blogger, saya hobby banget ubah sana-sini template blog saya. Ngubahnya itu pake kode-kode HTML gitu deh namanya. Saya gak tau juga maksud dari HTML ini apa, yang saya tau itu emang jenis ekstensi yang dimiliki blogspot yang bisa diubah sama siapa aja tanpa perlu jadi ahli. Saya pun belajarnya otodidak dari tutorial para blogger lain di internet hehe. Ada banyak jenis dan model template yang bisa di download gratis (ada juga yang berbayar) yang bisa kamu upload di template blog kamu. Mulai dari template yang keliatannya professional sampai yang cute cute girly gitu. Seru yah?

Nah! Kalau di wordpress, ekstensi yang dipake namanya PHP. Saya juga gak paham apa maksud PHP (yang jelas kayaknya bukan Pemberi Harapan Palsu yah :v). Lagi lagi menurut pengetahuan saya yang terbatas, PHP ini sifatnya lebih ke paten gitu, dan yang bisa ubah hanya orang-orang tertentu yang paham. Jadi kalau mau ganti template kamu hanya bisa milih template yang udah bawaan dari wordpressnya. Walaupun begitu, pilihan template nya menurut saya bagus-bagus kok. Simple but elegant, jadi kamu tinggal fokus nulis aja 😉

2. Widget

Widget atau Gadget itu instrumen atau fitur tambahan yang dipakai untuk mendukung tampilan blog. Sebenarnya menurut saya fungsi widget ini adalah untuk mempermudah pembaca. Misalnya seperti di blog ini (di bagian kanan) ada widget “Search This Blog” itu agar pembaca bisa dengan mudah menemukan postingan/konten yang dicari di dalam blog ini. Atau widget Top Posts & Pages agar pembaca tahu konten apa yang popular alias paling banyak dikunjungi pembaca di blog ini.

Kalau kamu ingin menambahkan widget di blogspot, kamu tinggal pilih di menu layout pada dashboard kamu dan tambahkan gadget di tempat yang keinginan. Nah, kalau di blogspot ada namanya widget HTML, jadi disini kamu bisa edit sesuka hati bentuk tampilan widget kamu seperti apa. Jenis widget HTML ini juga beragam dan banyak banget. Mulai dari digital clock yang bisa muter muter, sampai mau ubah tampilan background blog kamu jadi bintang-bintang melayang atau burung-burung terbang! Lengkap dengan kursor yang gambarnya binatang-binatang lucu bin imut! Jadi bagi kamu yang suka seni, mungkin blogspot bisa jadi tempat menyalurkan bakat kamu 🙂 Semuanya bisa dilakukan dengan cara edit HTML dan caranya bisa dipelajari dengan mudah. Karena pengguna blogger yang berbagi tutorial blogging terbilang cukup banyak untuk kamu kunjungi.

Berbeda dengan blogspot, kalau di wordpress kamu hanya bisa menambahkan widget memang udah bawaan dari wordpress sendiri. Pilihan widget nya pun terbatas dan kayaknya hanya widget mendasar dan dirasa penting. So, bagi kamu yang gak mau pusing dengan widget dan tampilan lain-lain dan hanya mau fokus nulis, wordpress kayaknya cocok buat kamu 🙂

3. Pengaturan Pada New Post

Perbedaan nyata yang paling saya rasakan antara wordpress dan blogspot adalah pengaturan pada saat membuat postingan baru. Kalau di wordpress, pas kamu bikin postingan baru, entar ada pengaturannya postingan itu masuk kategori apa, tag nya apa apa aja, terus bisa ditambahin featured image, format tulisannya juga bisa kamu kelompokkan apakah masuk ke format image, gallery, link, quote, status, video, standard, dll. Jadi beda-beda format kalau kamu bikin postingan standard atau hanya sekedar quote yang isinya satu-dua kalimat. Di wordpress kamu juga langsung bisa nentuin slug tulisan kamu nanti kayak apa. Jadi kalau nulis baru, dan entar berubah pikiran pengen ganti judul tulisan, URL nya bisa kamu tentuin sendiri. Keren ya?

Nah, kalau mau buat postingan baru di blogspot, pilihan pengaturannya terbilang lebih sedikit dan sederhana dibanding wordpress. Di blogspot, postingan kita bisa dikelompokkan ke dalam Label tertentu saja, atau kalau di wordpress lebih mirip ke kategori kali ya.. Dan tidak ada pilihan tag seperti yang ada di wordpress. Hal ini menurut sebagian blogger adalah suatu keunggulan blogspot yaitu user friendly dan tidak rumit seperti wordpress.

Oiya satu lagi, kalau di wordpress itu ada pilihan untuk terkoneksi dengan akun sosial media si pemilik blog. Jadi kalau kamu aktifkan fitur ini, kamu bisa otomatis share tulisan terbaru kamu melalui akun sosmed yang udah diset. Kalau di blogspot juga ada tapi hanya terbatas share melalui Google+ aja. Untuk mau share ke sosmed lain harus manual. Sedangkan di wordpress, pilihan sosmed nya selain Google+ juga ada Twitter, Facebook, Tumblr, dll.

4. Menu 

drop down menu

Membuat drop down menu seperti gambar di samping ini sangat sangat dan amat mudah kalau kamu menggunakan platform wordpress buat blog kamu. Kamu hanya butuh bikin menu sesuai kebutuhan kamu (berupa page maupun kategori tulisan), terus drag sesuai tempat yang kamu mau (apakah jadi menu utama atau sub-menu/drop down menu). Kemudian save dan jadi deh!

Sedangkan kalau di blogspot, kamu perlu mengedit HTML di pengaturan template kamu. Tapi sebelumnya kamu harus menggunakan template yang ada dropdown menunya terlebih dahulu, baru nama-nama menu dan link menunya kamu edit manual di edit HTML. Kalau nama kategori dan link nya suatu hari berubah (karena kamu ubah nama domain blog misalnya), ya kamu harus kembali lagi edit HTML nya. Ini salah satu alasan saya kenapa memutuskan pindah ke wordpress. Walaupun harus belajar dari awal, tapi worth it lah. Bagi pengguna blogspot ada untungnya juga, ada puluhan (mungkin ratusan) template yang memiliki dropdown menu dengan tampilan yang keren dan professional lho..

5. Komentar Pengunjung

Masalah komentar sepertinya wordpress lebih unggul dibanding blogspot. Pengalaman saya berkomentar dengan tidak menggunakan akun Google+ di blogspot, tahapan untuk di publish nya lamaa sekali dan agak ribet. Sedangkan kalau di wordpress hanya satu tahap saja. Tulis nama, alamat email, alamat web dan isi komentar, terus klik kirim komentar. Selesai! Dan komentar kita tinggal nunggu di approved oleh yang punya blog.

Ini juga menjadi salah satu kelebihan wordpress, komentar pengunjung tidak akan di publish sebelum ada persetujuan dari pemilik blog. Selain itu, komentar tersebut bisa diedit sebelum di publish. Enak kan? Ini untuk menghindari adanya komentar spam di blog kita. Kalau ada komentar aneh aneh kita tinggal delete atau masukkan sebagai spam. Just take it or leave it. As simple as that.

6. User Friendly

Dalam poin ini, blogspot lebih user friendly dibandingkan wordpress. Artinya, blogspot lebih mudah digunakan oleh penggunanya. Karena fitur fitur di blogspot dirancang dengan sederhana sehingga dapat dimengerti. Contohnya seperti yang sudah saya jelaskan mengenai edit HTML. Orang yang tidak mengerti bahasa pemrograman (seperti saya) akan dengan mudah mempelajari dan mengatur sedemikian rupa kode kode HTML yang ada. Selain itu, Dashboard di blogspot juga sama, dirancang sederhana agar mudah dipahami oleh penggunanya, terutama bagi newbie. 

Kalau di wordpress, pengaturan di wp admin lebih lengkap dan kompleks. Kebanyakan para pengguna blogspot menganggap hal ini sebagai hal yang rumit. Namun kembali lagi ke usernya, kalau mau lebih mengetahui dan belajar sedikit, ternyata tidak serumit yang dibayangkan 🙂

7. Statistik

Wah, ini ni yang bikin saya tercengang pas liat tampilan statistik di wordpress. Lengkap banget dibandingin blogspot. Selain bisa melihat traffic visitors dan views per hari, per minggu, per bulan dan per tahun, di wordpress juga bisa ngeliat berbagai macam hal lain yang belum ditawarkan blogspot.

Mulai dari berapa jumlah like yang kamu terima, judul page atau post yang paling ramai dikunjungi, dari negara mana aja yang mampir ke blog kamu, pengunjung tau blog kamu dari mana (misalnya search engine atau facebook, dll), kalau authors blog kamu lebih dari satu bisa keliatan tulisan dari author mana yang lebih sering dibaca oleh pengunjung, kata kunci apa yang dicari oleh pengunjung pas ke blog kamu, kalau ada video yang kamu upload di blog juga bisa keliatan video mana aja yang di play sama pengunjung, terus kamu juga bisa liat kebanyakan pengunjung itu lebih suka baca tulisan dengan kategori dan tag yang mana. Wah, banyak deh, dan saya senang sekali melihat statistik blog yang lengkap kayak gini 😀

NgeblogSo, intinya, bagi teman-teman yang pendatang baru di dunia blogging seperti saya ini dan bingung nentuin milih blogspot atau wordpress, silahkan dibandingkan perbedaannya. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Kalau pengalaman saya, pakai aja dulu salah satu, terus iseng iseng entar pakai yang platform yang lain. Terus dibandingin lebih enak yang mana. Kalau mau nyoba cara ini, saran saya si pake blogspot dulu. Soalnya kalau kamu suatu saat pengen pake wordpress, semua tulisan kamu yang di blogspot bisa di import. Sedangkan blogspot belum bisa mengimport tulisan dari platform lain.

Baiklah, thank you guys for reading and have a great day!

@baiqrosmala

Advertisements

19 thoughts on “Bingung Mau Ngeblog Pake Blogspot atau WordPress? Kenali Dulu 7 Perbedaannya

  1. Kalo dulu aku cuma ngebayangin dua nama:
    novsabatini.blogspot.com
    Sama
    novsabatini.wordpress.com

    Kok kayaknya lebih enak didengar yang kedua, jadi tanpa pertimbangan dan pembandingan saya langsung gelar tiker di wordpress, dan sampe sekarang belum pernah nyoba blogspot.. #polos

    Saya malah baru tau ini bedanya wp dan bs kayak mana.. xixixi.. Nice info btw.. ^_^

    Like

  2. Aku awal-awal pengen punya blog juga ragu apa harus milih wp atau blogspot. Tapi setelah ngikuti blogger-blogger favorit kebanyakan pake wp, dan aku akhirnya pake wp. Yang aku suka dari wp ini, temanya itu loh mbak, simpel, bersih, elegan. Gak bikin sumpek mata 😀

    Like

    • Hehe iya mba, aku juga ngerasain tema di wp ini simple bin elegan. soalnya aku juga pernah pake blogspot, karena ada fitur edit html buat ngutak ngatik temanya, kebanyakan waktu aku pake buat edit html, waktu buat nulis malah sedikit 😀
      Tapi ada juga sii beberapa blog yang aku ikutin yang platform nya blogspot, karena kontennya menarik 😉
      Anyway, happy blogging mba hhe mba udah lumayan lama ya kayaknya blogging, kalau aku masi newbie 😀

      Like

  3. Lengkap banget ulasannya! Kereeeennn! Pengalamannya hampir mirip (kembar kali) 😀 Sy punya bbrpa blog di blogspot, dan itu yg pertama, hem skrag dah setahun lebih gak diupdate. Trus di wp emang familiar n hangat (banyak yg nongkrong maksudnya) apalagi kalo kita ngpos pk b.Inggris. Dulu di blogspot yg komen paling satu dua blogger. Dan setelah hijrah ke sini (cieh hijrah) komentarnya beragam, dan seorang pelajar (yg lg bljr b.Inggris) perlu banget masukan dan koreksian dr para pembaca, seperti yg pernah Ukhti lakukan, so Thumbs up lah buat WordPress. 🙂

    Liked by 2 people

  4. halo baiq. awal ngeblog dulu, aku 3 tahun di blogspot. pindah ke wordpress karena merasa di blogspot sudah terlalu kecanduan dengan ngutak-atik html-nya. jadi aku pindah ke wordpress deh karena di WP kan gak bisa ngutak-atik template/theme. jadi lebih fokus ke nulis, sama kyk km sebutkan diatas. meskipun tetep ya aku sukanya ganti-ganti warna background dan setting header macem-macem.

    Liked by 1 person

    • Setuju banget sama mba, aku lebih dari setahun yang lalu di blogspot dan tulisan aku cuman empat biji. Keseringan maenin si html jadi lupa nulis. Ternyata pas iseng iseng make wp awalnya stress karena di dashboard dan wp admin banyak banget pengaturan ini itu, eh tapi pas mau meluangkan waktu buat pelajarin wp ternyata aku langsung jatuh cinta ^^

      Liked by 1 person

  5. Ada satu lagu kelebihan Blogspot dibandingkan wp. Blogspot relatif lebih mudah di-monetize untuk menghasilkan dollar karena skr ini persyaratan join google adsense relatif lebih longgar dibandingkan persyaratan join word ads. Keduanya adalah fitur bagi hasil untuk iklan dengan rules-nya masing2.

    Liked by 1 person

  6. HTML singkatan dari Hyper Text Markup Language adalah file teks atau file ASCII yang berisi instruksi/script kepada web browser untuk menampilkan suatu tampilan grafis dari sebuah halaman web.

    Saya malah baru tahu arti php dr tulisan Baiq ini hehe.

    Saya kadang sebel klo mau komen ada verifikasi kode dulu, seringnya teks/kodenya kecil kan klo buka bukan dari komputer.

    Klo di wp bisa ko komentar langsung tayang tinggal pilih dari setting saja, ada yg langsung tayang, ada yg harus di moderasi dulu atau spt di blog saya, yg sudah pernah komen, maka komen berikutnya akan langsung tayang tidak akan dimoderasi lagi, soalnya beda Indo dan negara tempat tinggal saya 5 jam, di Indo orang bangun, saya tidur, begitu sebaliknya, kasihan kan klo komentar ketahan segitu lama.

    Liked by 2 people

    • Wah, terima kasih banyak mba sudah menambahkan, jadi ada ilmu baru yyeayy ^^

      Iya mba, saya juga kadang suka gak jadi komen kalau ada minta kode terus kodenya susah dibaca #curhat

      Ohh gitu mba, wah saya kayaknya harus sering sering bongkar bongkar pengaturan di wp admin biar gak ketinggalan hehe.. Saya juga baru bangun dan baru balas komen, disaat mba sekarang mungkin lagi tidur 😀

      Like

  7. Saya ada dua blog satu di wp dan satu lagi di bs. Tapi saya lebih familiar dengan wp. Blog saya yang di bs malah udah lupa passowod sehingga gak pernah di update lagi. Sebenarnya tergantung kenyamanan pengguna saja, wp dan bs sama bagus menurut saya.
    salam

    Liked by 1 person

    • Salam. Makasi atas kunjungannya mas Alris 🙂 Saya sangat setuju, masing-masing wp dan bs memiliki keunggulan dan dua duanya bagus, kembali lagi ke penggunanya. Saya juga sampai sekarang masih menggunakan blogspot untuk jualan kekeke :D, untuk blog pribadi saya pake wordpress 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s