5 Pengalaman Paling Menyenangkan Selama di Malaysia (Malaysia Part II)

DSCN2627

Menyambung tulisan saya sebelumnya tentang menangin hadiah jalan-jalan ke Malaysia, kali ini saya akan berbagi cerita mengenai pengalaman berharga dan hal-hal yang saya lakukan ketika berada di Malaysia tahun 2013 lalu. Langsung saja ya…

Pertama:  Presentasi Paper di International Conference

(Yang belum baca Malaysia Part I baca dulu di sini ya) Sesuai dengan tulisan saya sebelumnya bahwa tujuan utama dari perjalanan saya ke Malaysia ini adalah mempresentasikan karya ilmiah (paper) yang saya tulis bersama dengan  dosen saya Pak Nurizal (dosen mata kuliah Maqosid Shariah).

Bagi yang belum tau istilah maqosid syariah, bahasa sederhananya adalah tujuan-tujuan yang ingin dicapai oleh hukum islam atau hukum syar’i. Maksudnya adalah setiap hukum yang diciptakan oleh Allah (baik itu berupa perintah maupun larangan) sudah pasti memiliki tujuan-tujuan tertentu untuk kebaikan manusia, termasuk dalam bidang ekonomi.

Nah, paper yang saya tulis bersama Pak Nurizal membahas tentang pandangan Maqosid Shariah terhadap Hutang Luar Negeri di Indonesia. Mungkin saya tidak akan membahas panjang lebar mengenai papernya ya hehe. Tapi bagi yang tertarik ingin membaca papernya silahkan klik disini ya. Disini saya akan lebih berbagi mengenai pengalaman pertama mempresentasikan karya ilmiah di tingkat internasional.

Sumber: sydneytrads.com

Karena ini international conference, tentu bahasa yang digunakan adalah Bahasa Inggris. Dengan kemampuan Bahasa Inggris saya yang pas-pasan, saya mencoba mempresentasikan paper saya sebisa mungkin (padahal kerasa banget tegangnya :v). Ini adalah pengalaman pertama saya presentasi di depan para akademisi tingkat internasional, walaupun udah berkali kali latihan tetap aja gak lancar. Gapapa, yang penting pengalamannya aja udah bersyukur banget 😀

DSCN2674
Mahasiswa/i S1 dari Indonesia

Di acara 2nd International Conference on Islamic Economics and Economy of the OIC Countries ini, para peserta yang akan mempresentasikan papernya dibagi ke dalam beberapa sesi dan ditempatkan dalam ruangan yang berbeda-beda. Satu ruangan isinya 5-7 presenters. Kalau saya tidak salah ingat jumlah peserta sekitar 100an orang dan dibagi ke dalam 2 hari. Di ruangan tempat saya presentasi, ada tiga kelompok peserta yang berasal dari Indonesia, satunya dari Tazkia (saya sendiri :v) dan dua kelompok lagi IPB (Pak Irfan Syauki Beik which is Kaprodi Ekonomi Islam di IPB yang nulis bersama adiknya yang kebetulan lagi S2 di IIUM Malaysia. Satunya lagi 3 orang mahasiswi angkatan 2010 (saya angkatan 2009) yang kuliah di IPB). Oiya, di acara ini hanya ada tiga kelompok yang terdiri dari mahasiswa S1 yaitu saya, 3 orang dari IPB dan satunya lagi adalah mahasiswa semester 3 di salah satu PTN di Indonesia (saya lupa nama Universitasnya). Wow Semester 3! Salut dan hebat banget baru semester 3 udah bisa nulis dan presentasi paper internasional! Patut dicontoh semangatnya 🙂

image from google

Kebetulan salah satu peserta yang satu ruangan dengan saya adalah mahasiswa S2 di IIUM dan menjadi salah satu peserta yang mendapatkan Best Paper Award ! Memang beliau layak buat dapetin itu karena issue yang dibahas selain sangat menarik juga sangat unik yaitu  tentang praktek Fatwa Shopping yang banyak dilakukan oleh institusi keuangan syariah belakangan ini. Tak sedikit lembaga keuangan islam yang menawarkan sejumlah produk (yang asalnya produk dari pasar konvensional) untuk kemudian diberi lebel “syariah” oleh ulama yang mau mengeluarkan fatwa atas ke-syariah-an produk tersebut. Proses pencarian ulama (Islamic scholars) yang mau memberikan fatwa inilah yang disebut dengan Fatwa Shopping.

Kedua: Bertemu sang Idola

Acara yang berlangsung selama 2 hari (29-30 Januari 2013) ini selain memberikan kesempatan kepada para akademisi maupun praktisi untuk mempresentasikan karya ilmiah mereka, acara ini juga terdiri dari beberapa seminar internasional yang membahas masalah kekinian dalam industri keuangan islam. Para pembicaranya pun adalah tokoh-tokoh yang sudah terkenal dan tidak dipertanyakan lagi kontribusi mereka bagi perkembangan ekonomi islam di dunia.

bersama Prof. Alam Choudhury
bersama Prof. Alam Choudhury

Karena judulnya bertemu dengan idola, maka saya disini akan menyebutkan siapa saja idola saya itu. Yang saya maksudkan dengan idola disini adalah professor/doctor yang nulis buku tentang ekonomi islam (baik itu teori maupun praktek) yang selama ini menjadi rujukan utama di kelas/kampus. Bayangin dong, selama kuliah saya membaca dan merujuk buku-buku mereka sebagai bahan paper misalnya, dan sekarang saya berkesempatan ketemu langsung!

Sebut saja Prof. Monzer Kahf yang fokus beliau lebih ke fiskal islam, terutama zakat. Kemudian ada Prof. Alam Choudhury yang fokus menananmkan ilmu tauhid/tauhidy dalam setiap pemikiran ekonomi islamnya. Beliau sampai membuat beberapa rumus sendiri untuk beberapa ilmu ekonomi islam yang berkaitan dengan tauhid! Terus terang saja, ketika beliau presentasi tentang rumus-rumus itu saya kurang begitu paham. Mungkin karena faktor bahasa inggris saya yang jauh masih di level minimum :D! Ada lagi, Dr. Mehmet Asutay, beliau adalah ketua program Islamic Finance di Durham University. Wah, ini adalah universitas idaman saya, semoga saya suatu hari bisa kuliah disana, hehe.. amiin ya robb..

bersama Prof. Monzer Kahf
bersama Prof. Monzer Kahf
bersama Dr. Mehmet Asutay
bersama Dr. Mehmet Asutay
Indonesia students bersama Rektor IIUM
Indonesia students bersama Rektor IIUM

Ternyata cerita dua poin aja sudah lumayan panjang yaa, baca kelanjutannya (poin ketiga sampai kelima, di artikel di bawah Malaysia Part III ya 🙂

Have a nice day!

@baiqrosmala

Advertisements

3 thoughts on “5 Pengalaman Paling Menyenangkan Selama di Malaysia (Malaysia Part II)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s