Hadiah Dari Dosen: Jalan-Jalan Gratis ke Luar Negeri (Malaysia Part I)

kuala-lumpur-malaysia-photos-2

Kali ini saya akan berbagi cerita mengenai pengalaman mengikuti sayembara sekaligus memenangkan hadiah jalan-jalan ke Malaysia! Kok bisa?!
Kisah ini tak terlepas dari sosok Pak Nurizal, M.A. yaitu Dosen mata kuliah Maqosid Syariah di Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Tazkia Bogor.

Pada waktu itu saya tengah berkuliah di semester 5 dan mengambil mata kuliah Maqosid Syariah dengan Pak Nurizal sebagai dosennya. Dosen yang satu ini hobbi banget deh memotivasi mahasiswanya untuk berprestasi dan tidak hanya menjadi mahasiswa kuliah-pulang-kuliah-pulang alias mahasiswa β€œkupu-kupu”. Selain itu, beliau suka banget memberikan rewards Β atau penghargaan ke mahasiswanya, mulai dari hal terkecil yaitu memberikan nilai lebih ketika mahasiswa menjawab soal Ujian Semester menggunakan bahasa asing (Inggris atau Arab), sampai hadiah jalan-jalan ke luar negeri!

Pasti pada terheran-heran yaaa, kok ada siih Dosen yang baik seperti itu? Jawabannya: Yapz, ada bangetzz! Dan saya-lah yang menjadi saksinya πŸ˜€

Sumber: mentaritravelservices.com
Sumber: mentaritravelservices.com

Lanjut ke Semester 5 tadi, kali ini kita sampai ke akhir semester yaitu beberapa hari menjelang Ujian Akhir. Seperti halnya Dosen-dosen yang lain, Pak Nurizal memberikan motivasi kepada para mahasiswa agar serius menjalani Ujian Akhir. Dan yang tak pernah disangka-sangka adalah, Pak Nurizal memberikan kami sebuah kejutan yaitu berupa sayembara! Hmmm isi sayembaranya kira-kira seperti ini: β€œBapak akan memberikan sebuah tugas akhir yang sederhana, yaitu membuat sebuah tulisan yang bertemakan Maqosid Syariah dan harus sudah dikumpulkan minggu depan. Β Bagi siapa yang membuat tulisan yang menarik, maka akan saya berangkatkan ke Malaysia!” Wuzzz… Serentak kami para mahasiswa tercengang seolah-olah belum percaya dengan apa yang baru saja didengar. Namun setelah itu tepuk tangan yang meriah pun kami berikan kepada Dosen yang satu ini yang nanti akan memberikan apresiasi luar biasa kepada salah seorang mahasiswanya yang beruntung. Kalau dipikir-pikir, entah angin surga apa yang menerpa beliau sehingga memberikan sayembara yang menurut saya sangat β€œWow” sekali!.

Bermula dari keseringan teman-teman kelas berdiskusi mengenai krisis hutang yang terjadi di Negara-negara Uni Eropa pada tahun 2008, maka akhirnya saya memutuskan untuk mengambil kasus tersebut untuk kemudian ditinjau dari segi ekonomi islam menggunakan parameter Maqosid Syariah. Surprise!!!! Singkat cerita, artikel sederhana ternyata mampu β€œmenarik hati” (eeaaa) Pak Nurizal sehingga menjadi pemenang sayembara jalan-jalan ke Malaysia!!! Dosen yang satu ini memang luar biasa dan niat banget memotivasi mahasiswa-mahasiswinya ;D

Yeyeye!! Jalan-jalan gratis ke Malaysia!!! Uuppzzz Ternyata cerita ini tidak berhenti sampai di sini. Well, Allah Maha Mengetahui apa yang terbaik bagi hamba-Nya. Beberapa bulan setelah akhir Semester 5 saya pun belum berangkat ke Malaysia. Hal ini dikarenakan banyaknya kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan, terlebih semua mahasiswa di Semester 6 wajib melaksanakan program magang ke perusahaan-perusahaan. Sampai akhirnya saya menemukan bahwa sungguh skenario Allah-lah yang paling indah. Di tengah-tengah padatnya jadwal kuliah di Semester 7, Pak Nurizal mengabarkan bahwa ada Call for Paper of International Conference on Islamic Economics yang akan diadakan di Malaysia. Oowh! New challenge! New motivation! Bapak Nurizal ini memang tidak setengah-setengah yah dalam memotivasi β€˜anaknya’. Oorraaiitt! Challenge accepted! Disinilah akhirnya saya diberikan kepercayaan oleh Pak Nurizal untuk menerjemahkan artikel yang sudah saya buat pada Semester 5 lalu untuk kemudian di submit ke konferensi tersebut.

Sumber: www.cnet.com
Sumber: http://www.cnet.com

Sudah sampai di sini? Tentu tidak. Setelah berkolaborasi dengan Pak Nurizal dalam menyusun Paper yang baik dan layak untuk dipresentasikan di tingkat internasional memang butuh ekstra perjuangan. Tentu saja, para calon peserta konferensi harus melalui beberapa tahap seleksi untuk paper mereka. Mulai dari seleksi abstract, seleksi konten, final review, registrasi, barulah peserta dinyatakan lolos dan diundang untuk mempresentasikan karyanya pada konferensi tersebut.

Bermodal bahasa Inggris yang seadanya, ditambah dengan bimbingan dari Pak Nurizal yang begitu membantu, jadilah sebuah abstract dari Paper kami yang berjudul Maqasid Sharia’s View and Its Solution on Foreign Debt in Indonesia. Sekitar sebulan kemudian, saya mendapatkan email dari panitia bahwasanya paper tersebut bisa mengikuti proses selanjutnya yaitu panitia meminta dikirimkan versi full papernya. Terang saja saya membutuhkan dua bulan lebih untuk menyelesaikannya, dikarenakan isi paper yang memang masih sederhana dan membutuhkan banyak tambahan referensi, dan ditambah pula kesulitan mencari vocabulary yang tepat dalam menerjemahkan kata demi kata disebabkan oleh keterbatasan kemampuan bahasa Inggris saya. Alhamdulillah akhirnya full paper pun terselesaikan dengan banyak banyak banyak banget bantuan dari Pak Nurizal dalam menambahkan konsep maqashid syariah serta analisa lebih mendalam di pembahasan, dan lain-lain πŸ˜€

Akhirnya setelah menunggu kurang lebih satu bulan, saya pun menerima email dari panitia bahwa papernya telah lolos tahap seleksi dan diundang untuk dipresentasikan di Malaysia. Huuhf, nafas saya agak sedikit lega waktu itu. Kemudian setelah melakukan registrasi, finally I am going abroad!!!!

Thanks for reading and Baca kelanjutannya yaa di Malaysia Part II yaa πŸ˜‰

Have a nice day!

@baiqrosmala

Advertisements

3 thoughts on “Hadiah Dari Dosen: Jalan-Jalan Gratis ke Luar Negeri (Malaysia Part I)

    • I really wish that I could 😦 When I wrote these articles about Malaysia I never thought that I could get blog visitors from another country. Anyway, I am sure it would be easy to travel around Malaysia. People there are nice, and the directions to some places are quite clear πŸ™‚ I pray you have a great time πŸ™‚

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s